Senin, 18 Oktober 2010

KOMUNIKASI INTERAKTIF


Menurut kodrat alam, manusia dimana – mana dan pada zaman apapun selalu hidup bersama, hidup berkelompok. Sekurang – kurangnya kehidupan bersama itu terdiri dari dua orang misalnya suami – istri ataupun ibu dan ayah dan semua itu memrlukan adanaya proses komunikasi.
Hasrat untuk hidup bersama memang telah menjadi pembawaan manusia, merupakan suatu keharusan badaniah melangsungkan hidupnya. Manusia sebagai individu ( perseorangan ) mempunyai kehidupan jiwa yang menyendiri, namun sebagai makhluk sosial tidak dapat dipisahkan dari masyarakat.
Manusia memerlukan komunikasi, karena komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari komunikator ke komunikan sehingga adanya feedback ( timbal balik ) antara komunikator dan komunikatif.
Tahapan perjalanan komunikasi manusia mengalami perkembangan dari waktu ke waktu, karena satu – satunya hal yang tidak pernah berubah dalam tekhnologi dan industri komunikasi adalah perubahan dan perkembangan dari teknologi komunikasi tersebut. Roger kemudian meneliti pada teknologi informasi yang baru muncul dan pengaruh potensialnya kepada koran, kemudian disadari Roger bahwa cakupan mediamorposis lebih besar lagi. Mediamorfosis diartikan ” interplay ” transpormasi media komunikasi, yang biasanya muncul sebagai akibat dari interplay ( hubungan timbal balik ) yang rumit antar berbagai kebutuhan yang dirasakan, tekanan persaiangan politik, serta berbagai inovasi sosial dan teknologi. Sehingga, ” mediamorfosis ” itu sendiri adalah transpormasi media dimana ketika bentuk – bentuk media komunikasi yang lebih baru muncul, bentuk – bentuk media yang terdahulu tidak mati, tetapi terus berkembang dan beradaptasi.
Sejarah singkat komunikasi meliputi empat era perubahan yaitu :
1. Era komunikasi tulisan; 4000 SM sampai sekarang
2. Era komunikasi cetak; 1456 SM sampai sekarang
3. Era telekomunikasi; 1844 SM hingga sekarang
4. Era komunikasi interaktif 1946 hingga sekarang
Namun, adapula yang keempat yaitu masa komunikasi interaktif. Sejarah komunikasi interaktif pada masa awal kehadirannya disebut ” phonetic stage ”. Tahap ini ditandai dengan semakin sempurnanya alat bantu yang dipakai manusia dalam berkomunikasi. Sejak penggunaan telegrap listrik transpormasi dan ekspansi besar komunikasi manusia menemukan perkembangan mutakhir. Penggunaan komputer, internet, teknologi telephon serta seluler satelit memungkinkan manusia berkomunikasi dengan lebih mudah. Percakapan antara manusia tidak lagi harus bertatap muka.
Dengan teknologi komunikasi interaktif manusia bisa berkomunikasi dengan lancar walupun jarak memisahkan mereka. Komunikasi interaktif memungkinkan komunikan menjadi aktif dan dapat memberikan feedback terhadap informasi yang diterimanya. Interaksi timbal balik sangat terasa antar komunikator dengan komunikan. Inilah kenapa zaman modern dikenal sebagai masa komunikasi interaktif.
Masa komunikasi interaktif juga ditandai dengan penetrasi teknologi digital kedalam media komunikasi, sehingga disebut sebagi komunikasi digital. Komunikasi digital diartikan sebagai sebuah bahasa yang menggunakan angka – angka untuk mengkodekan dan memprose informasi yang dikembagkan untuk memindahklan komunikasi antara mesin dan komponennya. Sehingga, dalam komunikasi interaktif pengguna / orang yang memakai bisa memilih atas informasi yang dibutuhkan.
Era Komunikasi Interktif-internet
Era komunikasi interaktif dimulai pada tahun 1946,ketika komputer mainframe pertama di temukan di Philadelphia, Amerika Serikat. Pada saat itu kendala orang untuk berkomunikasi antara jarak dan waktu akhirnya terpecahkan. Orang menjadi sangat mudah untuk berkomunikasi.
Di Indonesia komunikasi interaktif belum berlangsung lama. Sebab,akhir tahun 1993,ketika penulis akan mengirimkan pesan tahun baru dari Kanada pada seorang sahabat yang bekerja di PT Indosat lewat e-mail, mendadak muncul keterangan bahwa PT Indosat belum memiliki e-mail.Tidak jelas benar mengapa lembaga penyelenggaraan komunikasi internasional tersebut belum memiliki e-mail pada akhir tahun 1993(sekarang sudah ada).
Akan tetapi sekarang banyak masyarakat Indonesia yag menggunakan komunikasi interaktif ini. Ini bisa terlihat dari menjamurnya warung internet dan banyaknya jumlah orang yang mencantumkan e-mailnya pada kartu nama mereka.
Ciri-ciri komunikasi interaktif :
  • Orang yang terlibat bisa berinteraksi dengan leluasa
  • Feedback, yang bersifat negatif dan positif segera bisa diketahui
  • Penyampaian pesan dilakukan secara verbal maupun gambar
  • Menggunakan media interaktif.



Media Interaktif
Media interaktif menurut Weiner adalah media yang digunakan untuk saling tukar informasi,baik untuk keperluan hiburan, pendidikan, bisnis yang menggunakan komputer,terminal video text,telepon atau layar televisi
Jadi ciri utama dari media interaktif adalah, memberi peluang untuk saling tukar informasi.
Media Interaktif sangat penting dalam komunikasi interaktif. Tanpa media interaktif, tidak mungkin ada komunikasi interaktif. Contoh media komunikasi interaktif yang sering kita jumpai dan gunakan antara lain seperti: telepon, internet, email, jejaring sosial, radio,dll.
Apa implikasi dari Komunikasi Interaktif ?
Implikasi Komunikasi interaktif sangat tergantung pada individu yang terlibat dalam komunikasi interaktif. Komunikasi Interaktif menjadikan setiap pelaku bisa mengontrol pesan.
Para pelaku bisa mengembara kemana saja untuk mencari informasi yang dia butuhkan
Pelaku juga bisa menyalurkan aspirasi dan ekspresinya pada orang lain dengan seketika. Sehingga bisa akrab dengan orang lain.
Kendati tekhnologi komunikasi  ini bisa dipakai sendiri-sendiri, ia bisa bisa juga digabungkan dengan teknologi komunikasi yang lain. Yang paling sering menjadi faktor "penggabung" adalah, komputer. Dengan penggabungan tersebut, terciptalah teknologi komunikasi yang baru, yang semakin meningkatkan kemampuan mendengar dan melihat manusia yang memakainya.
Semua teknologi komunikasi, apapun bentuk dan namanya, bisa di golongkan kedalam :
-Penyimpanan Informasi
-Pengiriman Informasi
-Pemrosesan dan Pengolahan Informasi
-Penyaluran Informasi
-Penyiaran INformasi
Manfaat Komunikasi Interaktif
            Berikut ini merupakan manfaat media komunikasi interaktif(internet) dalam bidang bisnis:
*) Menciptakan basis bagi klien atau pelanggan
            Untuk mendapatkan klien atau pelanggan baru dan menciptakan basis klien tidak selalu dapat diperoleh dengan mudah. Perjuangan untuk memperoleh pelanggan harus melalui berbagai usaha termasuk menganalisa pasar secara hati-hati, pemasaran produk dan mempunyai uji coba basis pelanggan. Internet merupakan salah satu alternatif wadah yang tepat untuk dijadikan sebagai tempat untuk basis pertemuan jutaan orang di seluruh dunia. Dengan demikian untuk mendapatkan pelanggan baru lebih mudah dengan adanya kelompok yang besar di Iternet tersebut.
*) Analisa produk dan pasar
            Internet dapat dijadikan tempat yang baik utuk melakukan riset pemasaran karena produsen atau perusahaan dapat langsung berhadapan dengan pelangganya. Analisa pasar akan membantu perusahaan untuk mendapatkan ide dalam pengembangan produk baru yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan. Setelah produk itu diluncurkan maka perusahaan pun dapat memperoleh umpan balik sebesar tingkat kepuasan konsumen terhadap produk baru tersebut. Selain itu perusahaan juga dapat mempelajari produk pesaing dengan menelusurinya di Internet. Pemakai Internet dapat memanfaatkan informasi yang ada untuk melakukan analisa produk dan persaingannya. Hal ini sangat mempengaruhi munculnya lowongan untuk cari ide-ide baru!
*) Nasehat dan bantuan pakar di bidangnya
Tidak sedikit pakar yang ada di Internet yang mempublikasikan karya-karya mereka untuk diketahui mereka untuk diketahui secara umum dan mudah diakses. Sangat sering pula kita memperoleh nasehat dan bantuan secara gratis dari para pakar tersebut tentang masalah yang kita hadapi. Jika kita membandingkannya dengan mendapatkan nasihat dari konsultan, maka kita harus membayar dengan harga sangat mahal.
*) Rekruitmen tenaga kerja dan penyedian lowongan kerja
            Sekarang ini rekruitmen tenaga kerja melalui Internet semakin digemari oleh perusahaan-perusahaan. Di Internet terdapat banyak sekali daftar  lowongan kerja dan bahkan juga pelamar pun sering pula mempromosikan dirinya melalui Internet. Sehingga dengan begitu antara yang membutuhkan
tenaga kerja dan pencari pekerjaan dapat saling bertemu di Internet.   Riwayat hidup tidak hanya dapat ditampilkan menggunakan web tetapi fasilitasnya juga ada di Internet seperti newsgroup atau usenet.
*) Akses informasi dan penyebaran informasi
            Mempublikasikan berita melalui internet dapat tersebar luas melebihi media lainnya. Dalam hal akses informasi, melalui internet pun jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan fax atau pos. Kita semua dapat  mengakses informasi dan menyebarkan informasi dari dan ke penjuru dunia dan juga dapat membuat hubungan secara interaktif dan langsung melalui komputer. Kontak secara interaktif tersebut akan menarik dengan adanya penggunaan chat dan video conferencing. Akses dan penyebaran informasi melalui Internet dapat terjadi secara murah dan dapat langsung diakses melalui jarak yang jauh.
*) Komunikasi yang cepat dan pengiriman dokumen dengan  biaya murah
            Berbagai fasilitas yang ada di internet telah banyak membuktikan mampu  mempercepat komunikasi dengan orang yang dituju. E-mail adalah salah satu contoh yang telah banyak dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mengirim dan menerima dokumen. Chat atau video conferencing juga mempercepat komunikasi yang dilakukan di internet. Internet dapat juga digunakan untuk mentransfer dokumen secara online dalam waktu yang singkat. Seringkali ditemukan keterlambatan atau gagal sampai ke tujuan dalam pengantaran dokumen melalui jasa pengantar seperti pos atau perusahaan jasa lainnya.
*) Peluang bisnis baru
            Banyak yang secara terus menerus memanfaatkan Internet untuk mencari ide-ide inovatif dan baru. Pemakai Internet sering memperoleh ide baru tidak hanya disebabkan oleh kebiasaan penelitiannya di Internet tetapi juga ada nya suasana kooperatif di antara pemakai internet. Internet sering pula
dijadikan forum komunikasi di antara para peminat di bidang masing-masing.
Contoh manfaat lain dalam kehidupan sehari-hari antara lain:
·         Mempermudah interaksi dengan orang lain sekalipun terhalang jarak yang jauh
·         Menambah teman baru,seperti pada jejaring sosial
·         Seolah-olah memperpendek jarak
·         Bertukar informasi



Nama : Prily Prisma S.
NIM : 09220296

Resensi :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar